Nabung Satu Tahun untuk Santuni Yatim & Dhuafa

by |8 views
FAJARBANTEN.com – Ada banyak cara bagi orang menghabiskan hartanya. Ada yang membeli tanah berhektar-hektar, emas, peralatan elektronik, belanja di mal. Ada pula yang memilih membelanjakan hartanya untuk kegiatan sosial.
Adalah Kepala Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang Suryani dan isterinya Rusnayah yang dikenal masyarakat hobi membelanjakan hartanya untuk warga tidak mampu. Seperti yang dilakukannya Kamis (13/10) lalu.

Di sela kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriyah yang dihadiri ribuan warga, Suryani membagikan santunan untuk anak yatim serta kaum dhuafa. Tak hanya itu, para ketua RT dan RW pun kebagian jatah dari Suryani. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Camat Waringinkurung, unsur muspika dan tokoh masyarakat.

Baca Juga  Kapolsek Ciledug Melayat ke Kediaman Alm.Purnawirawan Bripka Mulud

“Nah kegiatan santunan yang saya lakukan ini merupakan hasil dari untung usaha yang ditabungkan selama satu tahun. Setelah satu tahun kemudian kita buka dan berbagi dengan anak yatim dan kaum dhuafa se Desa Sukadalem dan apa yang saya lakukan sama sekali tidak menggunakan anggaran desa satu rupiah pun,” katanya. Suryani selama ini dikenal sebagai pengusaha batu bara di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, dan galian c di Kecamatan Bojonegara. Suryani mengaku tak ingat jumlah uang yang ia distribusikan ke masyarakat.

“Ini murni uang pribadi yang tulus dan ikhlas untuk kegiatan santunan karena sebelum jadi kepala desa saya sudah rutin melaksanakan. Saya secara pribadi menyayangkan dan prihatin ketika melihat orang menyawer uang buat wadon (wanita), masuk tempat hiburan diskotik tidak sayang sekalipun menghabiskan sampai puluhan juta rupiah. Tetapi buat bersedekah menyantuni anak yatim malahan sayang, padahal ini merupakan sebuah jalan yang lurus menurut ajaran Islam,” katanya.

Baca Juga  Ombak Besar, Tagana Siaga di Pesisir Pantai

Selain rutin melaksanakan santunan, Suryani juga turut menyumbang pembangunan musala di tiga kampung yaitu Kampung Sipanjang, Kampung Baru,  dan Kampung Gageneng serta pembangunan madrasah di Kampung Tenjolat, dan Kampung Gageneng. “Semuanya insya Allah menggunakan dana pribadi. Terus saya juga berupaya membangkitkan pemuda karang taruna agar aktif dalam olahraga

dengan memberikan kaos tim bola dan banyak lagi lainnya, dan apa yang saya lakukan tiada lain karena ikhlas dan atas  doa orang tua terutama Ibu saya paling disayang selalu mendampingi dan mengajarkan  saya untuk ikhlas, ridha, rukun,” katanya.

Baca Juga  Peduli Kebersihan, Rutan Kelas IIB Serang Bagikan Perlengkapan Mandi Kepada WBP

Camat Waringinkurung Nanang Supriatna memuji kebaikan Suryani. “Baru 1 tahun empat bulan menjabat kepala desa sudah dua kali berikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Pola kepemimpinan seperti ini yang harus diterapkan karena memiliki kepedulian terhadap warganya dan begitu menghargai ibu kandungnya,” katanya. @DF