Di China Seorang Ayah Tega Jual Anak Demi Bayar Utang

by |15 views

Seorang pria bermarga Chen di China bangkrut setelah kehilangan semua investasi saham dan bisnisnya. Utangnya menumpuk hingga lebih dari tiga juta yuan atau sekitar Rp5,7 miliar. Kesulitan ekonominya diperparah tatkala para penagih utang datang dan dia tidak sanggup membayarnya. Entah darimana Chen meminjam uang sebelumnya, pastinya bukan dari bank terpercaya

 

Merasa tertekan secara mental dan fisik, Chen kehabisan akal. Pria berumur 33 tahun itu kemudian mencari jalan pintas dari dunia maya. Chen yang sudah gelap mata, menemukan ada cara cepat untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak. Cara itu tak lain dengan menjual anaknya sendiri.

Baca Juga  Bantu Populasi Pengungsi Dunia, UNHCR Umumkan Dana Zakat Global

Melalui situs jual beli anak, Chen mengaku sebagai perempuan yang harus membesarkan anaknya seorang diri. Dengan dalih tak sanggup lagi, dia menawarkan putranya kepada seorang duda 40 tahun yang tidak bisa memiliki anak.

Negosiasi untuk adopsi pun tercapai. Dilansir Shanghaiist, Kamis (27/10/2016), istri Chen merasakan gelagat suaminya pagi itu sangat aneh. Dia tiba-tiba meminta anak mereka dibesarkan saja oleh orangtuanya di kampung.

Baca Juga  Presiden China : Filipina Bagaikan Saudara

Istrinya jelas menolak. Perbedaan pandangan itu seolah kelar. Tetapi tanpa sepengetahuan Nyonya Chen, ayah yang kalap itu menculik putranya sendiri yang berumur dua tahun.

Pada Senin 17 Oktober, Chen membawa kabur anaknya dengan menaiki kereta dari Wenzhou di Provinsi Zhejiang ke Provinsi Hunan. Kepada sang penawar, Zhu, dia mengaku sebagai paman anak itu yang mewakili ibunya.

Harga pun mulai dibicarakan. Chen membuka penawaran dengan 100 ribu yuan atau Rp191 juta. Namun setelah negosiasi yang berlangsung alot, keduanya sepakat melakukan transaksi senilai 44 ribu yuan atau Rp84,38 juta.

Baca Juga  Inspire Brands Bakal Akuisisi Dunkin'

Bagi Chen setidaknya dia bisa melunasi sedikit demi sedikit utangnya. Namun istrinya berpendapat lain. Menyadari putranya hilang, Nyonya Chen mengadu kepada polisi. Sepekan kemudian, terungkap lah semua.

Anak yang hilang ditemukan dan dikembalikan ke pelukan ibunya. Sementara ayah barunya, Zhu ditangkap karena mengadopsi anak secara ilegal, tetapi dalam waktu singkat sudah dibebaskan bersyarat. Dari kesaksiannya, polisi kemudian menahan juga Chen yang tega menjual anak tirinya.