dr Chubaesy : Waspada, Mutasi Corona Mulai Masuk Indoensia

by |33 views

FAJARBANTEN.COM – Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Pandeglang dr Achmad Chubaesy Y, Sp.KFR, M.Kes mengatakan, mutasi covid-19 dari berbagai negara mulai masuk ke Indonesia, untuk itu dia mengajak kepada seluruh masyarakat agar mengupgrade protokol kesehatan (prokes).

“Mari terus perketat prokes, jalani hidup bersih dan sehat rutinkan berolahraga dan makan makanan dengan gizi seimbang serta istirahat yang cukup,” kata dr Huhes sapaan akrabnya, yang juga sebagai dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Minggu (6/6/2021).

Baca Juga  Meski Minim Anggaran, Skala Prioritas di RKA Menjadi Konsekuensi OPD

Menurut Hubes, dalam penerapan prokes adalah salah satu kunci paling penting, dalam usaha bersama menyelesaikan tantangan pandemi Covid-19 yang belum selesai.

“Saya akan berbagi tips mengupgrade prokes, agar kita lebih aman ketika harus terpaksa keluar rumah atau saat ada kegiatan. Yang pertama dengan double masker, yaitu masker bedah dengan masker kain, kenapa harus double, karena menurut penelitian masker bedah dapat memblok 56,1 persen virus dan masker kain yang sesuai standar tentunya dapat memblok 51,4 persen. Dan ketika disatukan masker bedah yang di kencangkan dan diikat double dengan masker kain akan memblok sekitar 85,4 persen virus, tapi jika kita pakai masker N95 tidak perlu double ya,” katanya.

Baca Juga  Denpom Lanal Banten Bagi Masker dan Nasi Kotak Ke Pengguna Jalan

Selain itu, kata dia, dengan rutin berolahraga, slaah satu upaya agar tetap menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar.

“Terakahir adalah, hindari stress dengan perbanyak dzikr pada Yang Maha Melindungi. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa taala Tuhan yang maha esa,” ujarnya. (Iman Fathurohman)