Gebrak Pak Kumis Rehab 1.071 Rumah Kumuh

by |6 views

Fajarbanten.com- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Tanggerang akan segera melaksanakan program Gerakan Bersama Rakyat Berantas Pemukiman Kumuh dan Miskin (Gebrak Pak Kumis) yaitu program merehab 1.071 rumah di pemukiman kumuh dalam rangka mengurangi angka kemiskinan.

 

”Gebrak Pak Kumis sudah tidak ada hambatan. Tinggal kita realisasikan saja, Secepatanya akan terealisasi, karena program ini salah satu program prioritas dari Bupati Tangerang,” ucap Toni Siantar Saragih Ketua bidang komunikasi dan Pembangunan pada team fasilitator Gebrak Pak Kumis kepada fajarbanten.com di ruang kerjanya Kamis (25/10).

Baca Juga  Agus Ariyadi : Terapkan Kerja Keras, Cerdas dan Ikhlas

 

Toni menjelaskan, dalam merehabilitasi rumah, Pemkab memiliki beberapa kriteria. Pertama adalah kriteria atap, lantai, dan dinding (Aladin). Kemudian adalah warga dengan kriteria pendapatan perekonomian rendah. Selanjutnya memiliki tanah dan tidak sedang dalam sengketa.

 

“Untuk payung hukumnya Alhamdulillah, Rancangan Peraturan Daerah (Reperda) tentang Penataan Perumahan Pemukiman Kumuh sudah disahkan oleh DPRD Kabupaten Tangerang menjadi Peraturan Daerah (Perda) beberapa waktu lalu,” ujarnya kepada fajarbanten.com

Baca Juga  Angkutan Truck Luar Daerah Disoal Pengusaha Lokal

 

Toni menambahkan, anggaran yang akan dikeluarkan sebesar Rp 13.820.000 per rumah. Menurutnya, program ini tidak bertujuan membuat warga menjadi manja. Menurut dia, program bantuan yang tidak melibatkan penerimanya secara aktif cenderung menjadi bantuan yang konsumtif.

 

“Sebanyak 15 kecamatan akan mendapatkan rehabilitasi dari program Gebrak Pak Kumis, rencananya dimulai Minggu depan di desa Sindang Asih Kecamatan Sindang jaya,” pungkasnya mengakhiri kepada fajarbanten.com.

Baca Juga  Harian Lepas Pekerja PT SMK Mogok Kerja, Minta Gaji dibayar.

 

@ki/oki