Irna Berharap Peran Strategis DMI Dalam Memberi Kesejahteraan Umat

by |8 views

FAJARBANTEN.COM – Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebenarnya memiliki peran strategis, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan umat Islam di daerahnya. Hal ini diungkapkan Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat memberikan pengarahannya dalam acara Pembinaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan persiapan pembentukan 35 Pimpinan Cabang DMI se-Kabupaten Pandeglang, di Aula salah satu hotel di Pandeglang, Selasa (23/2/20121).

Irna pun berharap, Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Pandeglang kedepannya bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, serta dapat memberikan pembinaan terhadap para pengurus DKM dan memiliki gagasan-gagasan yang produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Yang Dilakukan Rutan Pandeglang Untuk Warga Binaan

“Dengan demikian, diharapkan dengan adanya PD DMI di Kabupaten Pandeglang ini, masjid-medjid yang ada di Pandeglang, tidak hanya menjadi tempat ibadah ritual keagamaan saja, akan tetapi dapat dijadikan berbagai kegiatan positif, seperti pendidikan, ekonomi hingga pembinaan para korban narkoba. Saya pun berharap, ke depan di Pandeglang ada 10 masjid cantik yang dapat dijadikan objek wisata religi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PD-DMI Kabupaten Pandeglang, Abdul Ghaffar Alhatiri menjelaskan, apa yang disampaikan Bupati Pandeglang, sudah masuk dalam program kerja PD-DMI Kabupaten Pandeglang periode 2020 – 2025. Untuk itu, DMI Kabupaten Pandeglang akan lebih meningkatkan komunikasi dengan pihak Pemkab agar program DMI Pandeglang dapat diselaraskan dengan program pemerintah daerah.

Baca Juga  Dalam Razia Cipkon Tempat Hiburan, Polisi Amankan Siswi SMA Yang Jadi PL

“Salah satu program yang mendesak untuk dilaksanakan juga, adalah inventarisasi masjid dan mushola, sehingga diketahui kondisi fisiknya. Dengan data ini, pemerintah daerah, tidak akan kesulitan dalam menentukan skala prioritas dalam pemberian bantuan,” paparnya.

Masih menurut Ghoffar, hal lain yang menjadi perhatian pihaknya, adalah legalitas lahan dan bangunan masjid dan mushola, yakni sertipikat lahan dan izin mendirikan bangunan (IMB)-nya. Sehingga ke depan, tidak ada lagi DKM yang berpolemik dengan pihak-pihak yang masih merasa memiliki lahan dan bangunan yang dijadikan masjid atau mushola.

Baca Juga  Istri Wagub Banten Siap Maju Ke Senayan

“Saat ini yang menjadi sekala prioritas kita dalam program kerja DMI Pandeglang, yakni mendata mejid maupun mushola yang telah, maupun belum memiliki legal formal atas keberadaan lahan maupun bangunannya, baik itu sertifikasi lahan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nya, sehingga kedepan tidak polemik lagi prihal keberadaanya,” pungkasnya. (*)