Kanwil Banten Ikuti Sosialiasi dan Koordinasi Elektronifikasi Transaksi dan Ekonomi Digital

by |2 views

Dalam rangka Percepatan Transformasi Digital dan memperkuat peran ekonomi dan keuangan digital guna mendukung pemulihan ekonomi Nasional di Era New Normal, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten mengikuti Kegiatan Sosialiasi dan Koordinasi Elektronifikasi Transaksi dan Ekonomi digital menggunakan sarana pembayaran QRIS yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara Virtual, Selasa (04/05).

Baca Juga  Selamat Datang Presiden Jokowi di Kota Cilegon, Provinsi Banten

Kegiatan ini berkaitan dengan program yang dimiliki oleh Bank Indonesia yaitu Program perluasan QRIS 12 Juta merchant di Seluruh Indonesia dengan menyasar 9 komunitas. Program ini nantinya akan disinergikan dengan Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BWI), Karya Kreatif Indonesia(KKI), dan lainnya.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Baca Juga  Operasi Zebra 2018 Banten, Pengguna Sepeda Motor Dominasi Pelanggaran

Kegiatan diikuti oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Agus Suryana bertempat dari ruang kerjanya. Menurut Agus, dengan adanya sosialisasi ini nantinya dapat diterapkan di kantin atau UMKM pada suatu instansi. QRIS juga dapat mengurangi risiko uang palsu, tidak ada kembalian, dan terjamin dari kehilangan. (Dede).