Kerang Hijau Primadona Laut Panimbang

by |91 views

Fajarbanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menjadikan wilayah Laut Panimbang Jaya, di Kecamatan Panimbang sebagai sentra kerang hijau. Laut Panimbang Jaya dinilai memiliki budidaya kerang hijau yang sangat bagus dalam pengembangannya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang, Tata Nanzar dalam temu lapang dan pembinaan pelaku budidaya kerang hijau, di Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang mengatakan, kondisi laut panimbang bagus untuk budidaya kerang hijau, ditambah masyarakatnya juga hafal dengan habitat kerang hijau. Jadi, kerang hijau bisa berkembang baik.

Baca Juga  Tak Ingin Ada Sanksi, Irna Berharap Ada Kesadaran Masyarakat Agar Mau di Vaksin

“Apalagi untuk Kecamatan Panimbang ini juga sudah ditetapkan sebagai minapolitan oleh Pemkab Pandeglang melalui SK Bupati yang andalanya itu adalah kerang hijau,” urainya.

Tata menjelaskan, bahkan, untuk bantuan tahun depan akan segera di panen nanti diakhir bulan. DKP mengharapkan, tak hanya penerima bantuan yang membudidayakan kerang hijau, namun warga lainya juga bisa ikut dalam pengembangan kerang hijau lantaran potensi pasarnya yang cukup menjanjikan.

Baca Juga  Bupati Pandeglang "Ancam" Kades dan Camat Terkait PSN

“DKP terus memberikan dukungan bagi para pelaku budidaya kerang hijau. Misalnya, pada tahun 2015, bantuan untuk budidaya kerang hijau untuk lima kelompok, dan disusul pada tahun ini bantuan diberikan kepada 10 kelompok,” katanya.

Yaya, salah seorang pembudidaya kerang hijau mengatakan, hasil kerang hijau di wilayahnya dianggap cukup bagus lantaran kondisi laut yang belum tercemar. “Kalau saya menyarankan kepada Pemerintah agar pemberian bantuanya bisa tepat waktu. Jangan sampai, cuacanya buruk bantuan datang, karena udah pasti menganggu,” paparnya.

Baca Juga  Kadispar Banten Bantah, Promosi Wisata Pasca Tsunami Setengah Hati