Lapas Rangkasbitung Masuk Nominasi 13 UPT Lapas Terbaik Se-Indonesia

by |15 views

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang masuk nominasi 13 UPT Lapas dan Rutan Se-Indonesia dalam bidang Penyelenggaraan Makanan terbaik sesuai standard. Hal tersebut selangkah lagi menghantarkan Lapas Rangkasbitung mendapatkan penghargaan tertinggi dari orang nomor 1 (satu) pada Kementerian Hukum dan HAM tahun 2021 ini, Menteri Hukum dan HAM.

Kedatangan Tim dari Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi melakukan verifikasi langsung pengimplementasian Sistem Penyelenggaraan Makanan bagi Tahanan, Anak dan Narapidana berdasarkan peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 40 Tahun 2017 di Lapas Rangkasbitung, selasa (13/04) sore.

Baca Juga  Titik Rawan Bencana Banjir di Kabupaten Serang

Kedatangan Tim Verifikasi langsung disambut oleh Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto di dampingi Kasubsi Pembinaan, Eka Yogaswara beserta jajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 tahun 2021

Kepala Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto menyampaikan selamat datang kepada Tim Verifikasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, semoga kegiatan verifikasi penilaian kinerja di bidang penyelenggaraan makanan bagi Tahanan/ Anak/ Narapidana pada Lapas Kelas III Rangkasbitung dapat berjalan dengan lancar dan hasil penilaiannya sesuai dengan administrasi yang telah disampaikan.

Baca Juga  Perkuat Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Banten Kunker ke Walikota Cilegon

Selanjutnya Tim Verifikasi langsung meninjau ke lapangan yaitu ke area dapur Lapas Rangkasbitung. Menyaksikan proses penyelenggaraan makanan dari tahap awal sampai akhir, kegiatan apel, pengolahan bahan, peracikan bumbu, pengolahan makanan, penyajian sampai pendistribusian makanan. Turut menjadi perhatian adalah hygiene dan sanitasi area Dapur Lapas Rangkasbitung. Tim verifikasi juga langsung mencicipi langsung hasil olahan makannya, dan mengakhiri dengan verifikasi data dukung berkas administrasi dan SOP lainnya.

Baca Juga  Ditpolairud Polda Banten, Terjunkan 3 Unit Rubber Boat Untuk Evakuasi Korban Banjir

Ketua Tim Verifikasi, Mutia Sari menyampaikan bahwa Dapur Lapas Rangkasbitung sudah sesuai dengan ketentuan penyelenggara makanan sesuai ketentuan.

“Dapurnya bersih, tidak berbau dan proses pengolahan makanan dari persiapan sampai penyajian makanan sudah tertata dan bagus. Selain itu, administrasi yang ditampilkan juga lengkap, basicnya SOP, aturan turunan lainya dan laporan semua lengkap dan rutin dilaksanakan, setelah hampir 5 jam verifikasi, kami berkesimpulan merekomendasikan Lapas Rangkasbitung untuk menjadi yang terbaik (juara) penyelenggara makanan terbaik Se-Indonesia,” ujarnya.(Dede).