Makam Yesus Kristus di Bongkar

by |127 views

PARA pakar pelestarian telah membuka sebuah makam yang diyakini umat Kristen sebagai makam Yesus Kristus di dalam Gereja Makam Kudus untuk pertama kalinya setidaknya dalam dua abad.

Beberapa karya bersejarah disaksikan di situs yang dipercaya memuat sebuah batu tempat Yesus dibaringkan sekitar 33 SM ketika makam dibuka.

Lempengan marmer yang menutupi situs yang termasuk paling suci dalam agama Kristen dipindahkan selama tiga hari sebagai bagian dari pekerjaan perbaikan dan analisa arkeologi.

Baca Juga  Duta besar Arab Saudi Lepas Umrah Perdana

Itu adalah pertama kalinya marmer tersebut dipindahkan setidaknya sejak 1810, ketika pekerjaan perbaikan terakhir dilakukan setelah kebakaran, dan mungkin sebelumnya, ujar Pastor Samuel Aghoyan, kepala biara gereja Armenia.

Sebuah lukisan Yesus bisa dilihat pada lahan sempit di atas tempat lempengan marmer tersebut dipindahkan. Puing-puing dan bahan ditemukan di bawah marmer dan sedang dipelajari lebih lanjut, ujar Aghoyan. “Itu sesuatu yang kita bicarakan selama berabad-abad,” sambungnya.

Baca Juga  Pimpin Sidang KTT IORA, Tiga Menlu Perempuan Siap Unjuk Gigi

National Geographic telah mendokumentasikan pekerjaan perbaikan yang dijalankan oleh sekelompok pakar dari Yunani.

National Geographic juga melaporkan bahwa ‘pembongkaran makam memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada para pakar untuk mempelajari latar asli tempat yang dianggap sebagai tempat paling suci dalam agama Kristen’.