MKKS SMP Lampung Utara Siap Dukung Belajar Tatap Muka Awal Februar

by |36 views

FAJARBANTEN.COM – Wakil Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Zulkarnain Rahman mendukung belajar tatap muka di Kabupaten Lampung Utara. Sistem itu direncanakan akan dilaksanakan pada 1 Februari 2021.

Zulkarnain Rahman mengatakan, guna mendukung sistem belajar tatap muka itu, pihaknya sudah mempersiapkan Sistem Oprasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaannya. Persiapan itu dilakukan agar semua sekolah sudah siap dalam menghadapi belajat tatap muka.

“Kita sudah mempersiapkan dari bulan lalu, agar pihak sekolah mempersiapkan SOP menghadapi sistem belajar tatap muka,” katanya.

Baca Juga  Menko Polhukam Minta K/L Melaksanakan Inpres No. 1/2019 Tentang Pembangunan 11 PLBN

Untuk itu, Wakil Ketua MKKS mengimbau agar semua Kepala Sekolah SMP baik Negeri dan Swasta di Lampung Utara, untuk bersinergi dengan Dinas Pendidikan.

“Ini tentunya sesuai dengan moto pak Buati, sekolah yang berseri dan berkreasi. Sehingga pendidikan di Lampung Utara lebih maju lagi,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Mat Soleh mengatakan, sesuai dengan surat keputusan bersama empat Menteri yang terbaru. Bahwasannya, pelaksanan pembelajaraan tatap muka yang akan dilaksanakan di Sekolah tidak lagi mengenal status zona. Baik zona merah, orange, hijau, atau zona kuning. Akan tetapi saat ini telah menjadi kewenangan Kepala Daerah untuk menentukan, apakah sekolah tersebut dapat melaksanakaan sekolah tatap muka atau tidak.

Baca Juga  Mayjen TNI Jani Iswanto, M.A : Kekompakan Serta Sinergitas Antara TNI Dan Masyarakat Kunci Sukses TMMD 108

”Tiga pedoman atau tiga faktor yang akan dilakukan pihaknya saat ini, yakni proses penyebaran covid-19 di sekolah atau di lingkungan sekolah. Kemudian melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui sejauhmana kesiapan sekolah dalam hal protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya, Senin (4/01/2021).

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Puskesmas, dan gugus tugas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam langkah atau penerapan pencegahan dan penanganan covid di sekolah,” imbuhnya.

Baca Juga  Wujud Tali Kasih TNI BANTU RAKYAT Membuat Anyaman Bambu

Mat Soleh menegaskan, berdasarkan hasil rapat pihaknya bersama MKKS dan berdasarkan surat edaran Bupati Lampung Utara, Budi Utomo. Pelaksanaan sekolah tatap muka rencananya akan dilaksanakan pada 1 Februari 2021 mendatang. Namun, tidak semua sekolah di Lampung Utara akan menerapkannya hal itu dilihat dari hasil verifikasi pihaknya nantinya.(rls)