Pelatihan Kader TB – HIV Komunitas Kota Cilegon

by |6 views

fajarbanten.com-Dalam rangka memberi pelayanan kepada orang yang terkena penyakit TBC atau HIV yang bisa menular dan harus di wapadai di Daerah Cilegon. Care Aisyiyah memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kota Cilegon mengenai TBC dan HIV dengan melakukan Pelatihan kader baru SSR COMMUNITY TB – HIV CARE AISYIYAH Kota Cilegon di Convention Hall Matahari Lama Selasa (24/01).

Nina Mulya Ningsih, kepala TB – HIV Carey Aisyiyah Kota Cilegon mengatakan, ini pertama kalinya perekrutan untuk kader – kader TB – HIV Care Aisyiyah Kota Cilegon dan ini juga awal dari pelatihan kader yang akan dilaksanakan hari ini dan besok, dan adapun yang akan menjadi narasumber dari Dinkes dan dari Care Aisyiyah.

Baca Juga  BRI Cabang Cilegon Menyerahkan Sepeda Motor Kepada Madsari Pemenang Undian Berhadiah

“Sudah ada 24 kader dari 8 Kecamatan di Kota Cilegon dari 1 Kecamatan ada 3 orang yg mewakili. Setelah melakukan pelatihan ini, mereka akan mencari orang – orang terindikasi penyakit TB dan HIV di masyarakat sesusai daerah masing – masing. Jika ditemukan korban yang terkena penyakit tersebut akan kami obati, maka itu kita bekerja sama dengan Puskesmas yang ada di Kota Cilegon,” ucapnya.

Lanjutnya, di Provinsi Banten yang paling tinggi penyakit TB dan HIV ini adalah di Daerah Tanggerang. Untuk di Cilegon sendiri belum begitu banyak yang terlihat karena data – data yang pasti ada di Dinkes.

Baca Juga  Parpol Ditenggat Sebelum Masa Kampanye

Ia menuturkan, Penyakit TBC dan HIV ini adalah penyakit masyarakat yang mana orang – orang yang sehat harus care atau peduli terhadap orang – orang yang terkena penyakit ini bukannya dikucilnya tetapi diingatkan untuk berobat atau melaporkan ke TB – HIV Care Aisyiyah karena penyakit TB – HIV itu bisa diobati tetapi perlu jangka lama untuk perobatan dan penyembuhannya.

“Kalau tidak diobati bisa menimbulkan resiko yang lebih parah seperti kematian. Penyakit ini bisa tersebar melalui udara, lingkungan yang udaranya tercemar, dan dari Pola Hidup yang kurang sehat dan dari merokok juga bisa menularkan penyakit TBC ini,” tuturnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelayanan kepada orang yang terkena penyakit TBC atau HIV yang bisa menular dan harus di wapadai di Daerah Cilegon. Care Aisyiyah memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kota Cilegon mengenai TBC dan HIV.

Baca Juga  Satres Narkoba Polres Serang Berhasil Bekuk Pengedar Narkoba

“Tanda – tanda terkenanya TBC ini adanya batuk berdahak berwarna ijo 2 minggu, batuk terus menerus, di sore harinya keluar keringat dengan sendirinya dan demam,” jelasnya. Jika sudah terlihat ciri-ciri seperti itu segera laporkan ke TB – HIV Care Aisyiyah atau Puskesmas terdekat.

Ia menambahkan, “Harapannya kader – kader bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengidap penyakit TBC ini, supaya Kota Cilegon terbebas dari penyakit menular,” tutupnya. (Dimas/Adit)