Pemprov Banten Optimalkan Pendapatan, Bayar Pajak Kendaraan Semakin Mudah

by |28 views

FAJARBANTEN.com – Pajak kendaraan merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang paling besar di Provinsi Banten. Untuk itu pemerintah terus melakukan upaya agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembayaran. Hal tersebut diuangkapkan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten Nandy Mulya mengingat pada kuartal I/2016 tidak begitu menggembirakan.

“Perolehan kuartal I/2016 memang tidak begitu menggembirakan, tetapi pada saat yang sama, kami mulai melakukan sejumlah upaya intensifikasi menggali potensi PKB ini karena sumbangsihnya sangat signifikan terhadap PAD Banten,”

Baca Juga  Ratusan WBP Lapas Cilegon Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H

Sebagaimana diketahui, sejak kuartal I/2016, Pemerintah Provinsi Banten gencar melakukan optimalisasi penagihan pajak kendaraan dan pemanfaatan peran perbankan dalam sistem pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP), pajak kendaraan bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta menjalin mitra kerja sama, salah satunya adalah PT Pos Indonesia.

DPPKD juga memberikan pelayanan penghapusan sanksi administrasi PKB dan BBKNB yang dimulai pada 7 Juni-2 Juli 2016. Kebijakan ini diberlakukan agar pembayaran PKB dan BBKNB berjalan lebih intensif sekaligus mendorong wajib pajak untuk melunasi utangnya.

Baca Juga  Kedapatan Sabu Seberat 22 Gram, Tiga Orang Pemuda Terancam Hukuman Mati

Penghapusan sanksi tersebut telah diatur dalam Pergub Banten Nomor 40 tahun 2016 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Atas Keterlambatan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang berlaku di 11 Kantor Bersama Samsat, 32 Gerai Samsat, dan 11 Samsat Keliling di seluruh Banten.

Dalam waktu dekat, mungkin sekitar Oktober tahun ini, kami akan menggelar Bulan Panutan Pajak. Dalam acara tersebut, kami akan mendorong para pemilik kendaraan bermotor dari luar Banten yang ada di Banten untuk segera melakukan balik nama kendaraan karena tidak akan dikenakan biaya,” ucapnya.

Baca Juga  Jalin Kemitraan, MSMH Suralaya PGU Silaturahmi Bersama Tokoh Pers Banten