Penderita Alzheimer Akan Meningkat di Indonesia

by |45 views

Fajarbanten.com – Berdasarkan data, ada sekitar 46 juta jiwa yang menderita penyakit Alzheimer di dunia, dan 22 juta jiwa di antaranya berada di Asia.  Jumlah penderita penyakit Alzhemeir di Indonesia pada tahun 2013 mencapai satu juta orang. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat drastis menjadi dua kali lipat pada tahun 2030, dan menjadi empat juta orang pada tahun 2050.

Baca Juga  Dimasa Pandemi Pemkot Ajak Masyarakat Menanam Sayur dan Buah

Jumlah penderita penyakit alzheimer diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan seiring dengan perubahan prilaku dan gaya hidup masyarakat. Pola hidup tak sehat menjadi salah satu pencetus penyakit alzheimer.

Meningkatnya penderita penyakit Alzheimer ini seiring bertumbuhnya jumlah lanjut usia (lansia). Usia harapan hidup di Indonesia meningkat dari 68,6 tahun pada 2004 menjadi 72 tahun pada 2015. Usia harapan hidup penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat, sehingga persentase penduduk lansia terhadap total penduduk diproyeksikan terus meningkat.

Baca Juga  Polsek Waringinkurung Rutin Lakukan Patroli Malam

Demensia Alzheimer adalah gangguan penurunan fisik otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat dan pengambilan keputusan dan biasa disebut pikun. Kepikunan seringkali dianggap biasa dialami oleh lansia sehingga Alzheimer seringkali tidak terdeteksi, padahal gejalanya dapat dialami sejak usia muda (early on-set demensia) dan deteksi dini membantu penderita dan keluarganya untuk dapat menghadapi pengaruh psiko-sosial dari penyakit ini dengan lebih baik.

Baca Juga  Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai