Perkuat Sinergi Rutan Rangkasbitung Ikut Rakor Criminal Justice System

by |17 views

FAJARBANTEN.COM-Aparat penegak hukum wilayah Kabupaten Lebak yang terdiri dari Kepolisian Resort Lebak, Kejaksaan Negeri Lebak, Pengadilan Negeri Rangkasbitung dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung yang merupakan aparat penegak hukum dalam sistem peradilan pidana terpadu melaksanakan Rapat Koordinasi Cryminal Justice System yang berlangsung di Lobby Utama Hotel Mutiara Lebak, Selasa (30/10) malam.

Acara yang digagas oleh Kepolisian Resort Lebak ini, juga menghadirkan seluruh jajaran aparat penegak hukum.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana, Endang Sugiharto menyampaikan rakor yang digelar terwujud atas inisiasi dan obrolan ringan sebelumnya yang salah satunya membahas di wilayah Kabupaten Lebak sudah lama tidak mengadakan kegiatan seperti ini,” ujar Endang Kasat Narkoba Polres Lebak

Baca Juga  Ciptakan Suasana Kondusif, Kalapas Cilegon Sidak Kamar Napi

Hal tersebut diamini oleh Kapolres Lebak, Dani Arianto, SIK. Dalam sambutannya Dani mengatakan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi diantara aparat penegak hukum di wilayah Lebak.

“Pertemuan ini sangat baik, sebagai ajang silaturahmi dan bisa mempererat silaturahmi sesama aparat penegak hukum, penyidik polisi, jaksa, hakim dan rutan jadi semakin sinergi dilapangan,” tuturnya.

“Saya berharap pertemuan semacam ini bisa digelar sebulan sekali, dan tidak harus formal, sambil santai-santai juga boleh,” imbuhnya.

Senada dengan Kapolres Lebak, Kejari Lebak, Lana Wany Hanike Pasaribu menyampaikan bahwa kegiatan baik ini seyogyanya digelar rutin untuk memperkuat sinergi.

Baca Juga  Polda Banten Bagikan Makan Ditengah Kota Serang

“Saya dengar sudah 8 tahun, terakhir tahun 2010 ada pertemuan Apgakum ini, jadi pertemuan ini kita agendakan rutin, Kejari Lebak siap menjadi tuan rumah berikutnya, dan saya minta jajaran aparat masing-masing instansi yang dibawa harus lebih banyak, 5 kali lipat dari sekarang agar kita semakin sinergi,” tandas Lana sapaan pria asal Sumatera Utara ini.

“Kami juga mohon maaf kali ini, hanya ada beberapa hakim yang hadir, ini tentu forum yang bagus, insyallah kedepannya kami akan ajak dan bawa seluruh unsur pengadilan Negeri Rangkasbitung,” kata Dede Halim, Wakil Ketua PN Rangkasbitung.

Baca Juga  Awal 2016,14 Kasus Kekerasan Anak, 5 Diantaranya Korban Pencabulan

Harapan yang sama juga diutarakan oleh Kasubsi Pengelolaan Rutan, Hilman Hilmawan.

Ia menyampaikan bahwa pertemuan tersebut benar sudah lama terkahir diikutinya dan agar menjadi agenda rutin selanjutnya.

“Kami rutan, adalah sistem terakhir dalam peradilan pidana, tentu kami apresiasi atas terwujudnya kegiatan ini, 8 tahun yang lalu pertemuan seperti ini digelar di Rutan Rangkasbitung, kegiatan ini sangat baik jika diagendakan rutin. Sesama aparat penegak hukum bisa saling bersinergi dan meningkatkan kerjasamanya,” ungkap Hilman.(dede)