Permudah Pendataan, KPU Kota Serang Launching ‘SiApem’

by |3 views

Serang – KPU Kota Serang mengadakan Launching Aplikasi SiApem (Sistem Informasi Administrasi Pemilu) bertempat di Halaman KPU Kota Serang, Rabu (7/4/2021). Acara menghadirkan Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU Provinsi Banten, Walikota Serang, Bawaslu Kota Serang, DPRD Kota Serang, TNI/Polri, serta jajaran OPD dan perwakilan masyarakat Kota Serang.

Acara diawali oleh sambutan dari Ade Jahran selaku Ketua KPU Kota Serang, beliau menyampaikan ucapan selamat datang di KPU Kota Serang dan menjelaskan bahwa KPU Kota Serang meraih juara 1 dalam Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Aplikasi SiApem ini merupakan hadiah dari DPB yang mana pada tahun 2020 KPU Kota Serang menjadi Juara 1 tingkat Nasional. Pada aplikasi SiApem ini pemilih dapat mengecek statusnya dan mendaftar sebagai pemilih Kota Serang, sehingga ketika nanti 2024 ada Pemilu maka masyarakat dapat memeriksa dari sekarang”, terang Ade Jahran.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi atas  raihan juara 1 KPU Kota Serang dalam Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Atas nama Pemerintah Kota Serang kami menyampaikan apresiasi untuk KPU Kota Serang telah meraih juara 1 DPB, Alhamdulillah KPU Kota Serang dapat menciptakan aplikasi yang dapat diakses cepat oleh masyarakat,” ungkap Safrudin.

Baca Juga  Warga Parung Sari Keluhkan Jembatan dan Jalan Poros Desa Tak Kunjung Dibangun

Lebih lanjut Syafrudin mengatakan bahwa melalui Aplikasi Siapem dapat membantu masyarakat Kota Serang dalam mengecek data pemilih. “Data Pemilih dari hari ini hinggal 2024 sudah ada di KPU sehingga tidak perlu susah melihat data, cukup melalui Aplikasi ini dengan cepat dan mudah. Saya lihat sendiri tentang Aplikasi SiApem ini, meskipun KPU Kota Serang terbatas dalam dukungan anggaran tapi dapat jadi yang terbaik, Pemerintah Kota Serang mengapresiasi capaian ini,” jelas Syafrudin.

Pramono Ubaid Tanthowi selaku Anggota KPU RI dalam sambutannya mengucapkan selamat atas launching Aplikasi SiApem, mengingat keberadaan data pemilih menjadi hal yang sangat penting. Pramono juga menyampaikan perlunya dukungan dari Pemkot Serang terhadap KPU Kota Serang.

“Saya sempat menjadi Ketua Bawaslu Provinsi Banten, dari dulu sepertinya bangunannya masih seperti ini, mungkin Pak Walikota dapat memfasilitasi lebih untuk KPU Kota Serang. Mengenai Pemilu, tentu keberadaan Data Pemilih ini sifatnya penting, Kota Serang ini memiliki sekitar 400ribu pemilih, jika dilakukan pendataan secara manual ini sangat tidak mungkin, sehingga sejak beberapa tahun lalu KPU menggunakan Sidalih, tetapi Sidalih yang kita punya itu lebih banyak ke internal KPU untuk mengelola data pemilih,” ungkap Pramono.

Baca Juga  PT KIEC Amankan Aset Perusahaan

“Kedepan kita punya tantangan yang lebih besar agar interaksi dengan masyarakat itu lebih mudah, cara kita memberi ruang kepada warga negara untuk aktif memberi masukan ke KPU. Meskipun kita sudah punya Sistem namun selama ini pemutakhiran data pemilih masih secara manual dengan jajaran petugas kita datang dari rumah kerumah, hal ini tentu tidak efektif, apalagi pandemi covid ini belum jelas kapan selesainya, sehingga kedepan proses pemutakhiran data pemilih harus lebih mudah, salah satunya melalui aplikasi SiApem ini”, tambah Pramono.

Pramono juga menjelaskan bahwa KPU berusaha mengadaptasi perkembangan yang terjadi dilapangan, melalui aplikasi, kecepatan dan akurasi itu akan lebih mudah dan mengurangi kontak langsung. Penyelenggaraan Pemilu akan kita moderinsasi dan kita sederhanakan, salah satunya melalui SiApem ini, mendorong masyarakat proaktif untuk mengecek dirinya dalam data pemilih.

Baca Juga  Jajaran Polres Serang Mulai Siagakan Pos Operasi Ketupat Kalimaya 2019

“Pemilih aktif melaporkan hak pilihnya tetapi penyelenggara juga aktif memfasilitasi dengan maksimal salah satunya melalui Aplikasi SiApem. Harapan kita kedepan penyelenggaraan Pemilu akan lebih baik dengan upaya KPU memfasilitasi pemilih dengan baik”, tutur Pramono mengakhiri sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Aplikasi SiApem dengan cara menekan tombol pada layar oleh Pramono Ubaid Tanthowi didampingi oleh Walikota Serang, komisioner KPU Provinsi Banten, dan jajaran Forkopimda.

Pada kesempatan itu dilakukan simulasi penggunaan Aplikasi SiApem oleh Nanas Nasihudin Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi. Nanas Nasihudin mengenalkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi SiApem dan manfaat yang didapatkan dalam aplikasi SiApem. Pada kesempatan uji coba, dilakukan ujicoba oleh Bawaslu Kota Serang, dan hasilnya sukses dalam mengakses data yang dicoba. Walikota Serang ikut ambil bagian dalam pengecekan Data Pemilih, datanya lengkap dan sesuai.

Acara dilanjutkan dengan ucapan terima dan penyerahan sertifikat kasih kepada Radio yang sudah membantu proses pemutakhiran data pemilih, serta pengundian doorprize kepada masyarakat kota serang yang aktif melakukan pelaporan data pemilih. *(yogi)*