Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Anda

by |42 views

Fajarbanten.com – Pernahkah Anda memperhatikan sabun mandi yang setiap hari digunakan? Baik formula, tekstur maupun kandungannya? Banyak orang kurang cermat dalam memilih sabun mandi karena berpikir bahwa fungsinya akan sama, yaitu membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman. Asal tubuh bersih da terasa segar, jenis sabun yang digunakan pun tak masalah. Ada pula yang memilih sabun mandi karena menyukai aromanya tanpa tahu bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Padahal jika sabun yang kita gunakan tidak cocok, bisa menimbulkan efek tidak baik pada kulit. Ada orang yang cocok menggunakan sabun batangan, ada pula yang lebih cocok dengan sabun cair. Penting juga memperhatikan formulanya, apakah aman untuk kulit sensitif, atau sesuai dengan kulit kering. Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sabun yang tepat untuk kulit Anda?

Baca Juga  Cegah Covid-19, Sejumlah Sekolah di Lebak Disemprot Disinpektan

1. Ketahui Jenis Kulit
Anda perlu mengetahui jenis kulit sendiri, apakah memiliki kulit berminyak, normal, kering atau sensitif. Pembersih diformulasikan untuk berbagai jenis kulit. Tapi kondisi kulit bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung seberapa sering Anda mandi atau cuaca. Saat udara dingin, kulit cenderung menjadi kering jadi mungkin Anda perlu mempertimbangkan sabun dengan efek melembabkan, meskipun jenis kulit Anda normal atau berminyak.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun yang memiliki efek menyerap minyak atau khusus kulit berminyak. Sedangkan Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sabun dengan fungsi melembabkan.

“Pembersih dengan kandungan minyak tinggi mungkin terlalu keras untuk kulit kering, dan sabun yang memiliki aroma kuat juga tidak baik karena dapat membuat kulit iritasi dan memicu alergi, terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif,” Kata Francesca Fusco, M.D., seorang dermatologist medis dan kosmetik di New York, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Women’s Health.

Baca Juga  Kades Banjarsari Bagikan Masker ke Warga

2. Pilih Formula Sabun yang Tepat
Setelah mengetahui jenis kulit, Anda sudah bisa menentukan sabun mana yang tepat untuk Anda. Jika kulit Anda kering dan butuh kelembaban, pilihlah sabun cair, karena biasanya sabun cair berbentuk gel atau krim, sabun yang bertesktur creamy akan membuat kulit lebih lembab.

Jika kulit Anda berminyak, gunakanlah sabun batangan atau gel. Sabun dalam bentuk padat dan gel umumnya tidak mengandung banyak minyak sehingga dapat mengurangi rasa licin atau lengket pada kulit. Sedangkan Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah sabun yang aromanya tidak terlalu kuat, bahkan jika memungkinkan gunakan sabun yang tidak beraroma. Kandungan parfum dalam sabun bisa memicu iritasi bahkan alergi pada kulit sensitif.

Baca Juga  Dosen Unissula Kenalkan Metode Tasawuf Untuk Tingkatkan Kesehatan Reproduksi Remaja

3. Perhatikan Keterangan Produk
Menurut Francesca, carilah produk dengan label hypoallergenic (tidak memicu alergi), melembabkan, lembut, creamy, dan tidak beraroma. Walaupun kulit Anda tidak sensitif, tapi lebih baik jika Anda memakai produk berbahan natural yang aman untuk semua jenis kulit.

4. Gunakan Sabun Antibakteri Saat…
Jika Anda berolahraga dan bekerja kotor-kotoran, gunakan sabun dengan formula sedikit ‘kuat’, yaitu sabun antibakteri. Bakteri yang muncul akibat keringat atau kotoran seperti debu, tanah, lumpur, dan lain-lain dapat dihilangkan lebih maksimal. Namun, sabun jenis ini dapat membuat kulit menjadi kering. Disarankan untuk menggunakan pelembab setelah mandi agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.