Untirta Optimis Bisa Raih PPID Informatif

by |3 views

SERANG-Sebanyak 416 badan publik terdiri kementerian, lembaga negara, lembaga pemerintah non-kementerian, lembaga non-struktural, perguruan tinggi negeri, dan pemerintah provinsi se-Indonesia secara antusias mengkuti Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) melalui virtual zoom.

Melansir bantenraya.com, acara monev dibuka oleh Ketua KIP Gede Narayana menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi merupakan bagian dari sinergitas dan pola komunikasi dan koordinasi antar badan publik bagaimana mewujudkan good government.

“Koordinasi yang dibangun bukan faktor emosional, tapi profesional dan objektif,” katanya, Minggu (20/06/2021).

Baca Juga  Anak Usaha PLN Uji Coba Bahan Bakar Sampah di PLTU Lontar

Di lokasi yang sama, Munzaer, Ketua Pelaksana Monev dari Sekretariat KIP menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk memberikan penjelasan tahapan dan jadwal monev. Disamping itu memberikan pemahaman tentang pengisian kuesioner KIP sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 tahun 2008.

Perlu diketahui kegiatan monev pelayanan informasi publik ini rutin diselenggarakan oleh KIP kepada badan publik di Indonesia, yang memiliki komitmen akan keterbukaan informasi publik sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 , bahwa Kewajiban Badan Publik yang berkaitan dengan kearsipan dan pendokumentasian Informasi Publik dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga  Cegah Penularan Covid-19, Pemkot Tangerang Perkuat OAB

Sebagai Badan Publik, PPID Untirta telah tiga kali mengikuti gelaran nasional yang diselenggarakan setiap tahun sebagai komitmen keterbukaan informasi kepada publik. Sebelumnya PPID Untirta masuk dalam kategori tidak informatif.

Namun tahun berikutnya yakni pada tahun 2020 PPID Untirta terus bebenah dan menghimpun informasi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan paparan sosialisasi melalui pengisian quisioner dan presentasi pada Monev 2020.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman, Pimpinan Badan Publik didampingi Wakil Rektor IV sebagai Atasan PPID saat itu berkesempatan presentasi dihadapan dewan juri, dan pada akhirnya PPID Untirta berhasil meraih anugerah sebagai Badan Publik dengan kategori Menuju Informatif meraih nilai 84.04. Hal tersebut merupakan pencapaian luar biasa dan patut disyukuri.

Baca Juga  Untirta Gelar Bimtek Kearsipan dengan Tema Pengelolaan Arsip Dinamis yang Akuntabel

Pada tahun 2021 ini, Aceng Hasani Hasani, PPID bersama Tim akan melakukan evaluasi kembali secara internal untuk bersiap mengikuti pelaksanan monitoring dan evaluasi dari Komisi Informasi Pusat. Pihaknya optimis dan menargetkan pada tahun 2021 ini, PPID Untirta meraih Informatif. (*/cr1)